Pengaruh Customer Bonding Dan Social Media Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Orzora Skincare Canbang Gozali Lumajang
Kata Kunci:
Customer Bonding, Customer Loyalty, Social Media MarketingAbstrak
Saat ini untuk tampil cantik merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Oleh karena itu pertumbuhan bisnis yang begitu pesat di Indonesia yaitu dialami oleh bisnis kosmetik/kecantikan salah satunya yaitu pada toko Orzora skincare. Untuk mengetahui pengaruh customer bonding/ikatan pelanggan secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan di toko Orzora cabang Gozali Lumajang. Untuk mengetahui pengaruh social media marketing secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan di toko Orzora cabang Gozali Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu melalui kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis linier berganda serta memperhatikan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dengan uji parsial (uji t), koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan 270 responden sebagai sampel. Teknik sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan tipe sampling purposive. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer bonding dan social media marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada toko Orzora skincare cabang Gozali Lumajang.