Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BTPN KCP Probolinggo

Penulis

  • Felani Nur Azyzy Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Ainun Jariah Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Anisatul Fauziahh Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Trust, Service Quality, Customer Loyalty

Abstrak

Bank merupakan lembaga keuangan yang menjadi tempat bagi perusahaan, badan-badan pemerintahan dan swasta, maupun perorangan untuk menyimpan dana. Hubungan antara pihak bank dengan nasabah menyangkut kebutuhan terhadap jasa-jasa bank dan kesanggupan serta kesediaan bank untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Salah satu syarat yang bisa dipenuhi adalah berusaha untuk menciptakan dan mempertahankan nasabahnya, karena nasabah merupakan salah satu faktor terpenting bagi perkembangan suatu bank. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan kepercayaan akan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah bank BTPN Kcp Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BTPN Kcp Probolinggo selama 1 bulan. Dalam penelitian ini menggunakan cara sample random sampling dan teknik roscoe. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 nasabah Bank BTPN Kcp Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan alat statistik SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank BTPN Kcp Probolinggo. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan kepada pihak Bank BTPN Kcp Probolinggo untuk selalu memperhatikan dan memberikan kualitas pelayanan yang baik sesuai dengan SOP perusahaan selain itu juga menciptakan kepercayaan kepada nasabah terkait pelayanan yang diberikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-28

Terbitan

Bagian

Articles