Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Sosis Kanzler pada Toko Dwi Agen Snack Lumajang
Kata Kunci:
Brand Image, Price, Product QualityAbstrak
Perkembangan industri di Indonesia sangat pesat dan menjadi sebuah persaingan bagi perusahaan makanan dengan maraknya kebutuhan pelanggan akan makan siap saji seperti sosis Kanzler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap loyalitas pelanggan sosis Kanzler pada Toko Dwi Agen Snack Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan populasi pelanggan sosis Kanzler pada Toko Dwi Agen Snack Lumajang dengan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 60 responden. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan pengujian secara parsial atau uji t yang mendapatkan hasil sebagai berikut: 1) kualitas produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sosis Kanzler pada Toko Dwi Agen Snack Lumajang. 2) citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sosis Kanzler pada Toko Dwi Agen Snack Lumajang. 3) harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sosis Kanzler pada Toko Dwi Agen Snack Lumajang. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan adalah 0,482 atau 48,2% loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, citra merek, dan harga, sedangkan sisanya ditunjukkan nilai estimasi error yaitu 0,518 atau 51,8% yang dipengaruhi variabel lain, seperti promosi, kualitas pelayanan, dan persepsi pelanggan.