Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela (Studi Kasus pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang)
Kata Kunci:
Brand Image, Price, Purchase Decision, Product QualityAbstrak
Belum pernah dunia bisnis berpikiran maju seperti sekarang ini. Popularitas sneaker telah meroket dalam beberapa tahun terakhir. Para remaja, baik pria maupun wanita, telah menjadikan sneaker kets sebagai bagian dari fashion pribadi mereka karena alasan selain kepraktisannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana citra merek mempengaruhi pembelian sepatu, (2) bagaimana kualitas produk mempengaruhi pembelian sepatu, dan (3) bagaimana harga mempengaruhi pembelian sepatu, khususnya sepatu Ventela. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 60 mahasiswa ITB Widya Gama Lumajang, yang semuanya memakai sepatu Ventela. Informasi yang diperoleh dari kuesioner dianalisis dengan menggunakan model regresi linier berganda. Informasi di sini berasal langsung dari sumber utama. Purposive sampling secara purposifdigunakan oleh para peneliti. Studi ini menemukan bahwa di ITB Widya Gama Lumajang, persepsi konsumen terhadap merek Ventela tidak berpengaruh pada keputusan mereka untuk membeli sepatu perusahaan. Hal yang tidak kalah penting bagi konsumen di ITB Widya Gama Lumajang adalah kualitas sepatu Ventela itu sendiri. Harga sepasang sepatu Ventela di ITB Widya Gama Lumajang merupakan faktor utama apakah pelanggan melakukan pembelian atau tidak.