Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Apotek Pondok Sehat Lumajang

Penulis

  • Alviana Wulandari Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Emmy Ermawati Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • M. Taufik Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Price, Satisfaction, Customer Loyalty, Service Quality

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kepuasan kepada loyalitas konsumen Apotek Pondok Sehat Lumajang. Studi ini dilakukan karena Apotek Pondok Sehat Lumajang adalah salah satu apotek terkemuka di kota Lumajang yang telah melayani masyarakat selama bertahun-tahun. Sebagai bagian dari industri farmasi yang kompetitif, apotek ini menghadapi tantangan untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam rangka untuk tetap eksis dan sukses dalam lingkungan yang kompetitif, Apotek Pondok Sehat Lumajang perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling yang kemudian dihasilkan jumlah sampel yaitu sebanyak 60 reponden. Kriteria responden dalam penelitian ini yaitu pelanggan Apotek Pondok Sehat Lumajang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas reabilitas,  analisis  linier  berganda,  uji  asumsi  klasik,  uji  t,  dan koefisisen determinasi yang diolah data menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Namun, harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Apotek Pondok Sehat Lumajang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-10

Terbitan

Bagian

Articles