Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Semeru
Kata Kunci:
Price, Purchase Decision, Product Quality, Mie Semeru, PromotionAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dampak kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian Mie Semeru. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji statistik dengan bantuan SPSS 21 untuk menguji signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Populasi penelitian ini mencakup seluruh konsumen Mie Semeru Lumajang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling, dan jumlah responden yang terlibat sebanyak 60 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Semeru. Berdasarkan koefisien determinasi R2 dari ketiga variabel independen mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 73,6%. Sedangkan sisanya 26,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kualitas pelayanan, lokasi dan lain sebagainya.