Pengaruh Store Atmosphere, Design Product dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Mineral (Studi : Kantin Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Lumajang)
Kata Kunci:
store atmosphere, design product, celebrity endorser, keputusan pembelian, Le Minerale.Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan assosiatif yang
bersifat causal atau penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara kedua
variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui
adanya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian dan design product
terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan
pembelian dan juga pengaruh store atmosphere, design product, celebrity endorser
terhadap keputusan pembelian AMDK Le Minerale di SMA N se Kecamatan Lumajang
secara simultan. Hasil penelitian terhadap 60 responden dengan menggunakan analisis
regresi linier berganda adalah terdapat pengaruh signifikan store atmosphere terhadap
keputusan pembelian, terdapat pengaruh signifikan design product terhadap keputusan
pembelian, terdapat pengaruh signifikan celebrity endorser terhadap keputusan
pembelian, dan terdapat pengaruh signifikan secara simultan store atmosphere, design
product, celebrity endorser terhadap keputusan pembelian AMDK Le Minerale di SMA N
se Kecamatan Lumajang. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Y = 9,792+0,460X
1
+0,356X
2
+0,399X
3
. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa
sebesar 78,1% keputusan pembelian AMDK Le Minerale pada pelajar SMA N seKecamatan
Lumajang
dapat
dijelaskan
oleh
variabel
independen
yaitu
store
atmosphere,
design
product, celebrity endorser, sedangkan sisanya 21,2% keputusan pembelian
AMDK Le Minerale pada pelajar SMA N se-Kecamatan Lumajang dipengaruhi oleh
variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini
adalah hanya meneliti store atmosphere, design product, celebrity endorser sebagai
faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan variabel lain yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya
pada periode dan tempat yang berbeda.