Pengaruh Diferensiasi Produk dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Top Coffee Pada Outlet Pelanggan PT. Tekad Karya Putera di Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang
Kata Kunci:
Diferensiasi Produk, Saluran Distribusi, Keputusan PembelianAbstrak
Perkembangan perusahaan dalam upaya untuk mengantisipasi persaingan yang semakin tajam seperti sekarang ini akan selalu dilakukan baik oleh perusahaan besar maupun perusahaan kecil, tingginya minat orang Indonesia untuk mengkonsumsi kopi ternyata menarik sejumlah perusahaan untuk menciptakan produk berbahan dasar kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian Top Coffee di Kabupaten Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah outlet pelanggan PT. Tekad Karya Putera di Kecamatan
Lumajang Kabupaten Lumajang bersifat heterogen yang dapat dilihat dari beragamnya usia dan jenis kelamin dengan jumlah 50 responden dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling (sampling jenuh). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif analisis regresi linier berganda uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel diferensiasi produk dan variabel saluran distribusi sama-sama mempengaruhi keputusan pembelian baik secara simultan maupun secara parsial. Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap keputusan pembelian pada outlet
pelanggan PT. Tekad Karya Putera di Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang adalah variabel saluran distribusi.