Pengaruh Dimensi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Toko Lab. Persada Lumajang)
Kata Kunci:
ktivitas, Minat, Opini, Keputusan PembelianAbstrak
Gaya hidup suatu masyarakat akan berbeda dengan masyarakat yang lainnya. Bahkan
dari masa kemasa gaya hidup suatu individu dan kelompok masyarakat tertentu akan
bergerak dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dimensi
gaya hidup yang terdiri dari aktivitas, minat dan opini terhadap keputusan pembelian
smartphone merek Iphone di Toko Lab. Persada Lumajang baik secara parsial maupun
simultan. Penelitian dilakukan terhadap 40 responden dengan menggunakan analisis
regresi linier berganda adalah tidak terdapat pengaruh dimensi gaya hidup yang terdiri
dari aktivitas, minat dan opini terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh
dimensi gaya hidup yang terdiri dari aktivitas, minat dan opini secara simultan terhadap
keputusan pembelian handphone merek Iphone di Toko Lab. Persada Lumajang.
Dengan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 32,2% keputusan
pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu dimensi gaya hidup yang
terdiri dari aktivitas, minat dan opini, sedangkan sisanya yaitu 67,8% keputusan
pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti dimensi gaya hidup yang terdiri dari
aktivitas, minat dan opini sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian,
sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan
dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan tempat yang berbeda.