Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMK Keperawatan Muhamadiyah Lumajang
Kata Kunci:
angible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (kepedulian).Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas pelayanan
yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh
terhadap kepuasan peserta didik di SMK Keperawatan Muhamadiyah Lumajang dan
menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan peserta didik
di SMK Keperawatan Muhmadiyah Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik SMK Keperawatan Muhamadiyah Lumajang.Sampelyang diambil
sebanyak 60 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling
dengan pendekatan Accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan
kebetulan, yaitu siapayang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel
jika dipandang cocok. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi
sebagai berikut: Y= 0,952 + 0,174X
1
+ 0,010X
2
+ 0,0206X
3
+ 0,430X
.
Berdasarkan analisis data statistik, indikator - indikator pada penelitian ini bersifat valid
dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas
multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Urutan
secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel
assurance dengan koefisien regresi sebesar 0,430, lalu tangible dengan koefisien
regresi sebesar 0,147, kemudian diikuti dengan responsiveness dengan koefisien
regresi sebesar 0,206, dan reliability dengan koefisien regresi sebesar 0,430 sedangkan
variabel yang berpengaruh paling rendah adalah emphaty dengan koefisien regresi
sebesar 0,150. SMK Keperawatan Muhamadiyah Lumajang perlu mempertahankan
elemen β elemenyang sudah dinilai baik oleh peserta didik serta perlu memperbaiki hal
β hal yang masih kurang.