Pengaruh Relationship Marketing, Harga dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Icon Technlogy Computer Di Kabupaten Lumajang

Penulis

  • Novaldi Dwi Darmawan ITB Widya Gama Lumajang
  • Ainun Jariah ITB Widya Gama Lumajang
  • Jesi Irwanto ITB Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Relationship Marketing, Harga, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan.

Abstrak

Pemasaran merupakan kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya guna memuaskan kebutuhan serta harapannya. dengan demikian pasar selalu menekankan bagaimana cara membuat pelanggan yang loyal pada perusahaan agar tidak kalah dari para pesaing sejenis. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh relatioship marketing, harga dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada toko Icon Technology Computer di Kabupaten Lumajang. Selanjutnya, untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap loyaitas pelanggan pada toko Icon Technology Computer di Kabupaten Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini di dapatkan dari para pelanggan Icon Technolog Computer yang melakukan pembelian ataupun servis. Dalam penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling yakni accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 73 responden. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang di analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa varibel relaioship marketing memberikan dampak positif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian variabel harga tidak memiliki dampak positif yang siginifikan terhadap loyalitas pelanggan. sedangkan variable kepuasan mampu memberikan dampak positif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-17

Terbitan

Bagian

Articles