Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Wakul Bu Tjipto

Penulis

  • Lestari Wahyuningtiyas ITB Widya Gama Lumajang
  • Nawangsih Nawangsih ITB Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan ITB Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

produk, harga, lokasi, promosi, keputusan pembelian.

Abstrak

Suatu perusahaan dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dalam menarik konsumen agar memutuskan membeli di suatu tempat yang kita jalankan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian terhadap konsumen yaitu dapat dicapai dengan memperhatikan produk, harga, lokasi serta promosi. Temuan ini kemudian mengarahkan penelitian ini dalam memberikan bukti empiris yang berkaitan dengan pengaruh variabel produk, harga, lokasi, promosi terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Wakul Bu Tjipto baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah simple random sampling, model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk, lokasi terbukti tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel harga, promosi terbukti terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel produk, harga, lokasi, promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 28,4% menunjukkan bahwa kontribusi produk, harga, lokasi, promosi terhadap keputusan pembelian adalah 28,4%, sedangkan sisanya 71,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-17

Terbitan

Bagian

Articles