Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Sahabat AC Di Lumajang

Penulis

  • Ana Nur Eka Rahim STIE Widya Gama Lumajang
  • Hesti Budiwati STIE Widya Gama Lumajang
  • Zainul Hidayat STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan.

Abstrak

Kepuasan pelanggan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dan harapan-harapannyaTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Sahabat AC Lumajang. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer menggunakan kuisioner. Sampel penelitian merupakan responden yang berjumlah 60 orang. Variabel dependen adalah kepuasan pelanggan dengan 3 indikator. Dan variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dengan 5 indikator alat ukur dan harga dengan 4 indikator alat ukur. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.Hasil pengujian keseluruhan variabel menyatakab bahwa tidak terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan harga yang signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Sahabat AC di Lumajang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-13

Terbitan

Bagian

Articles