Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Air Bersih Tirtoyoso Lumajang
Kata Kunci:
Tangible, Reliabilithy, Responsivenes, Assurance, Empathy.Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri tangible, reliabilithy, responsivenes, assurance dan empathy. Terhadap kepuasan pelanggan jasa air bersih tirtoyoso Lumajang. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui seberapa jauh dimensi kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Objek penelitian ini yaitu jasa air bersih tirtoyoso Lumajnag. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan simple random sampling . pengumpulan data mengguakan data yang dibagikan kepada responden dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Tehnik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan secara persial bahwa variabel Assurance berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel tangible, reliabilithy, responsivenes dan empathy tidak berpengaruh secara persial terhadap kepuasan pelanggan. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa variabel tangible, reliabilithy, responsivenes, assurance dan emapthy berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan jasa air bersih tirtoyoso Lumajnag. Nilai presentase koefisien determinasi 0,188 Artinya bahwa tangible, realiability, responsiveness, assurance dan empathy dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 18.8%. sedangkan sisanya ditunjukan oleh nilai estimasi error yaitu 1.154 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti harga, promosi dan persepsi konsumen yang tidak di teliti dalam peneitian ini.