Peran Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Dalam Peningkatan Keputusan Pembelian pada Shopee

Penulis

  • Novi Sulistiyawati STIE Widya Gama Lumajang
  • M. Taufik STIE Widya Gama Lumajang
  • Ainun Jariah STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, terhadap keputusan pembelian pada Shopee di Kota Lumajang Kabupaten Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian pada shopee di Kota Lumajang Kabupaten Lumajang selama periode bulan Maret 2021. Jumlah sampel pada penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  simple random sampling dan sampling incidental, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Shopee di Kota Lumajang Kabupaten Lumajang, (2) kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Shopee di Kota Lumajang Kabupaten Lumajang, (3) kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Shopee di Kota Lumajang Kabupaten Lumajang, (4) kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Shopee di Kota Lumajang Kabupaten Lumajang.  Nilai R square 57,2% yang artinya keputusan pembelian dapat di jelaskan oleh variabel kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi sebesar 57,2%. Sedangkan sisanya 42,8% keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel lain yaitu harga, promosi dan sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-13

Terbitan

Bagian

Articles