Analisis Pengaruh Harga dan Atribut Produk Masker Terhadap Keputusan Pembelian Masker Di Kecamatan Kota Lumajang

Penulis

  • Linda Wahyu Setyowati STIE Widya Gama Lumajang
  • Hartono Hartono STIE Widya Gama Lumajang
  • Jesi Irwanto STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Harga, Atribut Produk, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Keputusan pembelian berhubungan dengan proses pengambilan keputusan untuk memilih sebuah produk dari beberapa pilihan alternatif yang dilakukan oleh seorang pelanggan. Kenaikan harga masker pada era pandemi dan berbagai atribut produk masker berpengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan saat membeli masker. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga dan atribut produk masker terhadap keputusan pembelian masker di Kecamatan Kota Lumajang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para pelangan masker di Toko Venus, Alfamart, Indomaret dan apotek Manjur Jaya di Kecamatan Kota Lumajang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan menggunakan sampling purposive sebagai teknik pengambilan sampel. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Data penelitian yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan atribut produk tidak memilih pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian masker yang dilakukan oleh pelanggan baik di toko ataupun di apotek. Peningkatan harga masker dan atribut produk masker yang beragam seperti gaya dan desain masker tidak lagi menjadi pertimbangan pelanggan saat membeli masker, karena masker sudah menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-10

Terbitan

Bagian

Articles