Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Lele Di Kampung Lele Lumajang

Penulis

  • Jevri Ardiyansyah STIE Widya Gama Lumajang
  • Hesti Budiwati STIE Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Produk Olahan dan Penjualan.

Abstrak

Semakin baik strategi pemasaran yang disusun oleh suatu perusahaan, maka akan semakin  mudah untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi  pemasaran produk olahan ikan lele di Kampung Lele Kabupaten Lumajang. Penelitian ini bersifat  kualitatif dengan melakukan upaya menggali informasi bagaimana strategi pemasaran yang  diterapkan untuk memasarkan produk Olahan Ikan Lele di Kampung Lele Desa Labruk Lor  Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Penelitian ini berfokus pada pembahasan mengenai  strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha produk olahan ikan lele di Kampung Lele  Lumajang dalam memasarkan produknya. Strategi pemasaran tersebut dapat dilihat atau diamati  berdasarkan bagaimana pelaksanaan 4P (product, price, place, dan promotion) dan tujuan pokok  strategi yaitu STP (segmentation, targeting, positioning). Variabel yang digunakan dalam  penelitian ini merupakan variabel mandiri. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini  diperoleh dari para informan dan arsip / dokumen dengan teknik pengumpulan data observasi,  wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diproses dari reduksi data, penyajian  data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran  yang dilakukan oleh pihak Kampung Lele sudah tergolong baik. Dalam memasarkan produknya,  Kampung Lele telah memaksimalkan fungsi 4P dan juga STP, sehingga penjualan produk olahan  ikan lele di Kampung Lele semakin meningkat dan dikenal oleh para konsumen.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-10

Terbitan

Bagian

Articles