Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Lele Di Kampung Lele Lumajang
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Produk Olahan dan Penjualan.Abstrak
Semakin baik strategi pemasaran yang disusun oleh suatu perusahaan, maka akan semakin mudah untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk olahan ikan lele di Kampung Lele Kabupaten Lumajang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan upaya menggali informasi bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan untuk memasarkan produk Olahan Ikan Lele di Kampung Lele Desa Labruk Lor Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Penelitian ini berfokus pada pembahasan mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha produk olahan ikan lele di Kampung Lele Lumajang dalam memasarkan produknya. Strategi pemasaran tersebut dapat dilihat atau diamati berdasarkan bagaimana pelaksanaan 4P (product, price, place, dan promotion) dan tujuan pokok strategi yaitu STP (segmentation, targeting, positioning). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan variabel mandiri. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari para informan dan arsip / dokumen dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diproses dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Kampung Lele sudah tergolong baik. Dalam memasarkan produknya, Kampung Lele telah memaksimalkan fungsi 4P dan juga STP, sehingga penjualan produk olahan ikan lele di Kampung Lele semakin meningkat dan dikenal oleh para konsumen.