Pengaruh Desain Produk, Positioning, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Singkong Berkah HS (Studi Kasus Pada Toko Sinar Timur Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang)
Kata Kunci:
Desain Produk, Positioning, Promosi, dan Keputusan Pembelian.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Desain Produk, Positioning, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Keripik Singkong Berkah Hs pada Toko Sinar Timur di Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh konsumen keripik singkong Berkah Hs pada Toko Sinar Timur di Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel positioning berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel promosi menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 32,8% menunjukkan bahwa kontribusi desain produk, positioning dan promosi terhadap keputusan pembelian adalah 32,8%, sedangkan sisanya 67,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini, misalnya harga, kualitas produk, kemasan dan citra merek.