Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make Up Emina Di Kabupaten Lumajang
Kata Kunci:
Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian.Abstrak
Suatu perusahaan dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya harus memiliki strategi pemasaran dalam menarik perhatian konsumen agar memutuskan untuk membeli produk yang dijalankan. Suatu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian terhadap konsumen yaitu produk, harga, promosi dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner terhadap konsumen pada produk make up emina di Kabupaten Lumajang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 75 responden. Metode analisis yang digunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial produk, harga dan promosi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan lokasi tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 65,3% menunjukkan bahwa kontribusi produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian adalah 65,3%, sedangkan sisanya 34,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini