Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make Up Emina Di Kabupaten Lumajang

Penulis

  • Indah Samsiyah E S STIE Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan STIE Widya Gama Lumajang
  • Nawangsih Nawangsih STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Suatu perusahaan dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya harus memiliki strategi pemasaran dalam menarik perhatian konsumen agar memutuskan untuk membeli produk yang dijalankan. Suatu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian  terhadap konsumen yaitu produk, harga, promosi dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner terhadap konsumen pada produk make up emina di Kabupaten Lumajang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 75 responden. Metode analisis yang digunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial produk, harga dan promosi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan lokasi tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah  65,3% menunjukkan bahwa kontribusi produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian adalah 65,3%, sedangkan sisanya 34,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-10

Terbitan

Bagian

Articles