Pengaruh Promosi Dan Komponen Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang

Penulis

  • Muntita Elia Putri STIE Widya Gama Lumajang
  • Nawangsih Nawangsih STIE Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Promosi, Komponen Wisata, Kepuasan Pengunjung

Abstrak

 

Kepuasan wisatawan ketika berkunjung dalam sebuah destinasi wisata yang memberikan peluang bagi pihak pengelola destinasi wisata untuk menggali potensi unggulan daerah yang dimiliki, sehingga ikut berkontribusi dalam memajukan industri pariwisata daerah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan komponen wisata terhadap kepuasan pengunjung di Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis parsial dan uji hipotesis simultan serta teknik pengambilan sampel dengan metode insedental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada pengunjung di Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang dengan jumlah responden 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi dan komponen wisata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa promosi dan komponen wisata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung di Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang. Nilai persentase koefisien determinasi 48,2%. Dengan ini berarti bahwa dari pengaruh kepuasan pengunjung yang dapat diuraikan dari variabel promosi dan komponen wisata sedangkan sisanya 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-29 — Diperbaharui pada 2020-09-07

Versi

Terbitan

Bagian

Articles