Kombinasi Green Marketing dan Green Product terhadap Keputusan Pembelian Tupperware (Studi Kasus pada Persit Kodim 0821 Lumajang)

Penulis

  • Ika Ayu Amalia Ramadhana STIE Widya Gama Lumajang
  • Zainul Hidayat STIE Widya Gama Lumajang
  • Jesi Irwanto STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

green marketing, green product, keputusan pembelian

Abstrak

Kerusakan lingkungan masih menjadi permasalahan yang utama hingga saat ini, meskipun berbagai kebijakan dan cara telah dilakukan. Ada beberapa pihak yang melakukan upaya untuk meminimalisir persoalan tersebut salah satunya adalah perusahaan. Dimana mereka hadir dengan strategi green marketing dan green product. Kedua hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh green marketing dan green product secara parsial dan simultan, serta untuk mengetahui variabel yang memiliki dampak paling dominan terhadap keputusan pembelian Tupperware pada Persit Kodim 0821 Lumajang. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 67 responden. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial dan simultan green marketing dan green product berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Tupperware dengan nilai R Square sebesar 33,5%. Keterbatasan penelitian ini hanya menggunakan variabel green marketing dan green product untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Sedangkan untuk variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian tidak diteliti dalam penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-29 — Diperbaharui pada 2020-09-07

Versi

Terbitan

Bagian

Articles