Pengaruh Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Batik Menak Koncar Lumajang

Penulis

  • Husnawiyah Fitrotin STIE Widya Gama Lumajang
  • Fauzan Muttaqien STIE Widya Gama Lumajang
  • Anisatul Fauziah STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

inovasi produk, promosi, keputusan pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian batik Menak Koncar. Metode penelitian ini menggunakan metode  kuantitatif dengan pengambilan sampel non probability sampling, teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 60 responden yang pernah membeli produk Menak Koncar. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif analisis regresi linier berganda. Statistik deskriptif menggunakan uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi (R2). Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan inovasi produk mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil R2 diperoleh sebesar 0,501% artinya 50,1% variasi dari variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel X sedangkan sisanya 49,9% variasi dari variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti harga, kualitas produk, keyakinan konsumen, ataupun yang lainnya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-29 — Diperbaharui pada 2020-09-07

Versi

Terbitan

Bagian

Articles