Pengaruh Celebrity Endorse, Kualitas Produk Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Indomie (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Widya Gama Lumajang)

Penulis

  • Windi Setya Paradis STIE Widya Gama Lumajang
  • Zainul Hidayat STIE Widya Gama Lumajang
  • Anisatul Fauziah STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Celebrity endorse, kualitas produk, citra merk

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorse, kualitas produk dan citra merk terhadap keputusan pembelian Indomie pada mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi manajemen tingkat IV kelas B STIE Widya Gama Lumajang. Sampel dalam penelitian ini yaitu 60 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan prbability sampling yaitu dengan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh celebrity endorse terhadap keputusan pembelian Indomie, terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Indomie, terdapat pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian Indomie dan terdapat pengaruh celebrit endorse, kualitas produk dan citra merk secara simultan terhadap keputusan pembelian Indomie pada mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 43,9% keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel independen celebrity endorse, kualitas produk dan citra merk. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti celebrity endorse, kualitas produk dan citra merk sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan dapat diteliti selanjutnya pada periode dan tempat yang berbeda.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-29 — Diperbaharui pada 2020-06-11

Versi

Terbitan

Bagian

Articles