Minat Beli Konsumen “Shopee” Ditinjau Dari Iklan dan Gaya Hidup Masyarakat Kabupaten Lumajang

Penulis

  • Dewi Paramita Sari STIE Widya Gama Lumajang
  • Kasno Kasno STIE Widya Gama Lumajang
  • Sukma Irdiana STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Iklan, Gaya Hidup, dan Minat Beli

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan gaya hidup terhadap minat beli konsumen toko online shopee di kabupaten Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen shopee yang tinggal di kabupaten Lumajang, dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 responden yang pernah membeli di toko online shopee paling sedikit sebanyak 2 (dua) kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalahteknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat pengaruh iklan secara signifikan terhadap minat beli konsumen shopee di kabupaten Lumajang, terdapat pengaruh gaya hidup secara signifikan terhadap minat beli konsumen shopee di kabupaten Lumajang, serta terdapat pengaruh iklan dan gaya hidup secara simultan terhadap minat beli konsumen shopee di kabupaten Lumajang. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 57,8% minat beli dipengaruhi oleh variabel independen iklan dan gaya hidup, sedangkan sisanya sebesar 42,2% dipengaruhi oleh ariabel lain yang tidak diteliti. Penelitian ini hanya meneliti iklan dan gaya hidup sebagai faktor yang mempengaruhi minat beli, diharapkan untuk peneliti selanjutnya meneliti variabel lain pada periode dan tempat yang berbeda.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-29 — Diperbaharui pada 2020-06-11

Versi

Terbitan

Bagian

Articles