Pengaruh Dimensi Tourism Experience Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Destinasi Wisata Alam Gunung Semeru Di Lumajang

Penulis

  • Resmitha Devi Nurindasari STIE Widya Gama Lumajang
  • Hesti Budiwati STIE Widya Gama Lumajang
  • Jesi Irwanto STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Tourism Experience, Sense, Feel, Think, Kepuasan Berwisata

Abstrak

Sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat diminati oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya pada wisata pendakian. Destinasi wisata alam Gunung Semeru merupakan salah satu wisata pendakian yang sangat diminati oleh wisatawan. Perjalanan wisata akan menghasilkan pengalaman berwisata, kemudian akan merujuk pada penilaian tentang kepuasan berwisata. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari pengalaman berwisata yang terdiri dari sense, feel dan think terhadap kepuasan berwisata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pendapat para wisatawan yang pernah melakukan kunjungan pada destinasi wisata aalam Gunung Semeru. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan data internal, metode analisis dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini yaitu bahwa sense dan feel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan berwisata, sedangkan think tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan berwisata. Dalam koefisien determinasi menunjukkan jika 17,8% kepuasan berwisata bisa dijelaskan variabel sense, feel dan think. Dan 82,8% kepuasan berwisata dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak berada pada penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-29 — Diperbaharui pada 2020-03-03

Versi

Terbitan

Bagian

Articles