Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2020-10-29. Baca versi terbaru.

Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan Pelayanan Pustakawan Terhadap Kepuasan Berkunjung di Perpustakaan Umum Kabupaten Lumajang

Penulis

  • Dian Novieta Rahayu STIE Widya Gama Lumajang
  • M. Taufik STIE Widya Gama Lumajang
  • Jesi Irwanto STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Fasilitas Perpustakaan, Pelayanan Pustakawan, Kepuasan Berkunjung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh fasilitas perpustakaan dan pelayanan pustakawan terhadap kepuasan berkunjung di perpustakaan umum Kabupaten Lumajang. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling sebanyak 60 responden yang telah memenuhi kriteria dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dengan hasil analisis linier berganda Y = 0,692 + 0,433 X1 + 0,405 X2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan berkunjung di perpustakaan umum Kabupaten Lumajang. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linier yang memperoleh thitung > ttabel sebesar 4,786 > 2.00172 dengan nilai signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara pelayanan pustakawan terhadap kepuasan berkunjung di perpustakaan umum Kabupaten Lumajang. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linier yang memperoleh thitung > ttabel sebesar 4,937 > 2.00172 dengan nilai signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas perpustakaan dan pelayanan pustakawan terhadap kepuasan berkunjung di perpustakaan umum Kabupaten Lumajang. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linier yang memperoleh fhitung > ftabel sebesar 42,998 > 3,16 dengan nilai signifikansi 5%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-29

Versi

Terbitan

Bagian

Articles