Personal Selling, Service Quality Dan Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa CV Bunga Wisata Malang
Kata Kunci:
Personal Selling, Service Quality, Customer Relationship Management, Kepuasan Pengguna JasaAbstrak
Di zaman milenial seperti sekarang ini pariwisata merupakan salah satu trend yang banyak diikuti oleh masyarakat baik Nasional maupun Internasional. Sejalan dengan trend berwisata tersebut maka saat iniĀ banyak muncul pelaku jasa wisata yang mendirikan biro perjalanan wisata seperti Tour and Travel yang siap melayani kebutuhan para wisatawan dengan beragam promo wisata yang di tawarkan.Permasalahan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan variabel Personal Selling, Service Quality dan Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pengguna Jasa CV Bunga Wisata Malang baik secara parsial maupun simultan.Metode Penelitian terdiri dari :Obyek penelitian ini adalah pengguna jasa Tour and Travel CV Bunga Wisata Malang. Populasi penelitian ini adalah 100 pengguna jasa CV Bunga Wisata Malang dan sampel yang digunakan sebanyak 60 responden.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel Personal Selling, Service Quality dan Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pengguna Jasa CV Bunga Wisata Malang baik secara parsial maupun simultan. Kesimpulan penelitian adalah variabel Personal Selling, Service Quality dan Customer Relationship Management menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna disebabkan karena strategi perusahaan dalam menerapkan Personal Selling, Service Quality dan Customer Relationship Management berjalan maksimal sesuai yang direncanakan.