Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap (Studi Kasus STIE Widya Gama Lumajang)

Penulis

  • Dian Ratna Timur STIE Widya Gama Lumajang
  • Tri Palupi Robustin STIE Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung.

Abstrak

Semakin bertambahnya perkembangan makanan di dunia, mie instan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat di Indonesia. Mie instan sekarang sudah menjadi bahan makanan pokok setelah nasi. Selain praktis, sangat mudah pula untuk memasaknya. Tidak heran apabila rata-rata masyarakat menyukai dan mengkonsumsi mie instan sebagai makanan favorit. Dengan berkembangnya teknologi modern saat ini, banyak sekali produk yang bersaing melalui media internet dengan cara mempromosikan sebuah produk tersebut melalui iklan atau sejenisnya. Permasalahan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan variabel Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, dan Pemasaran Langsung terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap pada Mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian in merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan teknik Non Probability Sampling teknik pengambilan sampel yang dipilih yaitu Purposive Sampling kepada 90 responden kepada responden konsumen atau pelanggan Mie Sedaap pada Mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Y = 7,140 + 0,251 + 0,103 + 0,157 + (-0,146) + 0,945. Hasil koefisien determisasi menunjukkan bahwa sebesar 42,6% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu perikanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung, sedangkan sisanya yaitu 57,4% keputusan pembelian yang disumbangkan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, dan Pemasaran Langsung secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan secara parsial Periklanan dan Pemasaran Langsung lebih dominan berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap pada Mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-16

Terbitan

Bagian

Articles