Analisis Citra Merek dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent di Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang
Kata Kunci:
Citra Merek, Ekuitas Merek dan Keputusan PembelianAbstrak
Pepsodent adalah merek pasta gigi dari berbagai produk yang dihasilkan oleh PT. Unilever Tbk, dengan konsep posisi sebagai pasta gigi keluarga Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari Citra Merek dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan data primer. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dengan cara memberikan koesioner dengan mengajukan sejumlah pertanyaan mengenai citra merek, ekuitas merek dan keputusan pembelian dari produk Pepsodent. Dan menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui dokumen yang dipelajari melalui buku, jurnal dan internet untuk mendukung penelitian, dengan menggunakan sampel sebanyak 60 sampel. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari citra merek dan ekuitas merek. Variabel dependen dalam penelitin ini ialah keputusan pembelian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan SPSS, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial citra merek dan ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan citra merek dan ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan hasil Koefisien Determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,642. Hal ini berarti 64,2% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu citra merek dan ekuitas merek, sedangkan sisanya yaitu 35,8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.