Pengaruh Citra Destinasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Alam Puncak B29 Kabupaten Lumajang

Penulis

  • Mochamad Sodik STIE Widya Gama Lumajang
  • Nawangsih Nawangsih STIE Widya Gama Lumajang
  • Ninik Lukiana STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Citra Destinasi, Promosi, Keputusan Berkunjung

Abstrak

Selama tiga tahun Pemerintah Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, (Jokowi-Jk) dinilai berhasil membangun pariwisata. Pengamat pariwisata Universitas Jendral Soedirman, Purwokerta, Chusmeru, mengatakan ada sejumlah latar belakang yang menyebabkan pariwisata maju di zaman Jokowi. Berbagai pembangunan infrastruktur menuju destinasi prioritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel citra destinasi dan promosi terhadap keputusan berkunjung wisata alam Puncak B29 kabupaten Lumajang baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari pengisian kuisioner terhadap wisatawan atau pengunjung wisata alam Puncak B29. Metode penelitian purposive sampling dengan teknik analisis regresi liniesr berganda.Variabel independent dalam penelitian ini citra destinasi dan promosi, variabel dependent keputusan berkunjung. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial citra destinasi berpengaruh sedangkan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan secara simultan citra destinasi dan promosi berpengaruh singnifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 45,2%, sedangakan sisanya yaitu 54,8%  dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-16

Terbitan

Bagian

Articles