Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Sederhana Sumbersuko Lumajang
Kata Kunci:
Kualitas pelayanan, Harga dan Lokasi, dan Keputusan Pembelian.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di rumah makan sederhana sumbersuko.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan assosiatif yang bersifat kausal atau penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat. Sampel yang diambil adalah 40 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel random sederhana (simplerandom sampling).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial maka harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh signifikanterhadap keputusan pembeliandi rumah makan sederhana sumbersuko.Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan adalahY= 4,028 + 1,589X1 + 116X2 – 1,459X3 + e. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 76,5% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu Kualitas pelayanan, harga dan lokasi sedangkan sisanya keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti kualitas pelayanan, harga dan lokasi sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan layanan internet yang berbeda.