Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Consina di Kabupaten Lumajang

Penulis

  • Fatah Faigie Marunduri STIE Widya Gama Lumajang
  • M. Ato’illah STIE Widya Gama Lumajang
  • Ainun Jariah STIE Widya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Persepsi Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelia, Consina

Abstrak

Di Zaman sekarang ini persaingan bisnis peralatan outdoor semakin ketat. Menghadapi persaingan ini, memaksa produk Consina untuk berorientasi pada kegiatan pemasaran. Dengan bertitik tolak pada pandangan dan keinginan konsumen yang selalu berubah-ubah, dengan ini perusahaan diharapkan dapat memahami apa yang menjadi harapan konsumen yang sangat berkaitan dengan perilaku konsumen, salah satu contohnya dengan memperhatikan faktor persepsi harga dan citra merek yang diberikan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  persepsi harga dan citra merek secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Consina di Kabupaten Lumajang. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Consina di Kabupaten Lumajang yang berjumlah 45 orang. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan persepsi harga dan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan secara parsial variabel persepsi harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,447 artinya model koefisien determinasi bagus. Hal ini menunjukkan bahwa 20,80% keputusan pembelian produk Consina di Kabupaten Lumajang dipengaruhi oleh persepsi harga dan citra merek. sedangkan sisanya yaitu 55,3%  keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak di teliti seperti kualitas produk, promosi, word of mouth, dll.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-16

Terbitan

Bagian

Articles