Dampak Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk 3Second pada Mahasiswa di STIE Widya Gama Lumajang
Kata Kunci:
Kualitas Produk, Promosi, dan Keputusan PembelianAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk 3Second pada mahasiswa di STIE Widya Gama Lumajang, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk 3Second. Metode penelitian yang digunakan adalah metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel kualitas produk dan promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk 3Second. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk 3Second dengan koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,511, yang menunjukkan bahwa 51,1% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan promosi sedangkan sisanya 48,9% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti produk 3Second pada mahasiswa di STIE Widya Gama Lumajang. Sedangkan variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian produk 3Second diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya.