Pengaruh Promosi, Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Onderdil Astra Honda Motor (AHM) pada UD. Rasa Motor di Lumajang

Penulis

  • Roni Irawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widyagama Lumajang
  • Nawangsih Nawangsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widyagama Lumajang
  • Riza Bahtiar Sulistyan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widyagama Lumajang

Kata Kunci:

Promosi, Produk, Harga, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Kondisi persaingan yang kompetitif menuntut perusahaan untuk mampu memahami perilaku konsumen utamanya dalam hal otomotif, salah satu produk onderdil berkualitas adalah produk milik Astra Honda Motor (AHM) yang dikhususkan untuk kendaraan bermotor merk HONDA. Keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti Promosi, Produk, dan Harga. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti, karena jika produk dipromosikan dengan baik dan dijual dengan harga terjangkau akan meningkatkan keputusan pembelian masyarakat. Populasi yang digunakan, dalam penelitian ini adalah masyarakat Lumajang yang melakukan pembelian pada UD. Rasa Motor di Lumajang. Populasi ini bersifat heterogen yang dapat dilihat dari beragamnya usia dan jenis kelamin dengan jumlah 40 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskripti fanalisis regresi linier berganda uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjkkan bahwa secara parsial produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan untuk promosi, dan hargai tidak berpengaruh. Secara simultan promosi, produk dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk onderdil astra Honda motor AHM pada UD. Rasa Motor di Lumajang. Hasil koefisien determinasi R2 menunjukkan sebanyak 48% keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh variable promosi produk dan harga sedangkan sisanya 52% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-04

Terbitan

Bagian

Articles