Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3
Kata Kunci:
Persepsi Konsumen, Motivasi Konsumen, Keputusan PembelianAbstrak
Jaringan telekomunikasi sekarang ini berbagai macam produk, seperti IM3. IM3 merupakan jaringan telekomunikasi terbesar kedua setelah telkomsel. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh persepsi konsumen yang signifikan terhadap keputusan pembelian, apakah terdapat pengaruh motivasi konsumen yang signifikan terhadap keputusan pembelian, apakah terdapat pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen secara simultan signifikan terhadap keputusan pembelian. penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan assosiatif yang bersifat kausal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 750. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 dengan menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapat pengaruh variabel persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian. Kedua menunjukkan tidak terdapat pengaruh variabel motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian. Ketiga menunjukkan adanya pengaruh variabel persepsi konsumen dan motivasi konsumen secara simultan terhadap keputusan pembelian. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Y= 13.430+0,359X1+0,318X2 dengan koefesien determinasi sebesar 18,6%, sedangkan sisanya yaitu 81,4% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya persepsi konsumen dan motivasi konsumen sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan layanan internet yang berbeda.