Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret di Kecamatan Lumajang
Kata Kunci:
Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada indomaret di Kecamatan Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Lumajang yang melakukan pembelian di indomaret kecamatan Lumajang. Populasi ini bersifat heterogen yang dapat dilihat dari beragamnya usia dan jenis kelamin dengan jumlah 60 responden dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif analisis regresi linier berganda uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan untuk harga tidak berpengaruh secara parsial. Secara simultan harga, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di indomaret kecamatan Lumajang. Hasil koefisien determinasi R2 menunjukkan sebanyak 51,8% keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 48,2% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variable yang tidak di teliti pada penelitian ini adalah produk, distribusi, orang, dan lain sebagainya.