Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Probowangi (Studi Pada Penumpang di Stasiun Klakah)
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas, Kepuasan PenumpangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang kereta api probowangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan assosiatif yang bersifat kausal atau penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat. Sampel yang diambil adalah 60 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel random sederhana (simplerandom sampling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial maka kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, dan fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang. Secara simultan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang kereta api Probowangi. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Y= 22,590 + 0,73X1 - 0,79X2 - 0,47X3. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 6% kepuasan penumpang dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu kualitas pelayanan, harga dan fasilitas sedangkan sisanya yaitu 94% kepuasan penumpang dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.