PENGARUH LEVERAGE, SIZE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Penulis

  • Mia Dian Lestari ITB Widya Gama Lumajang
  • Sochib Sochib ITB WIdya Gama Lumajang
  • Emmy Ermawati ITB WIdya Gama Lumajang

Kata Kunci:

Leverage, Size, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, size dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan  di  perusahaan  industri  barang  konsumsi  yang  terdaftar  di  Bursa  Efek  Indonesia. Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif  kuantitatif.  Teknik  pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel leverage dan variabel size tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Nilai R square menunjukkan 68,4% nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh variabel leverage, size dan profitabilitas sedangkan sisanya 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-10

Terbitan

Bagian

Articles